Ringkasan Materi Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 (Bab 3)

06.08

Bab 3 :  Menggubah Lagu Modern Secara Unisono
A. Lagu Modern Indonesia
Musik modern seringkali diartikan sebagai musik yang berkembang dan populer di kalangan masyarakat luar saat ini.
Alat musik modern yang sering digunakan adalah keyboard, karena memiliki efek suara dan iringan yang beragam.
1. Jenis jenis musik modern yang berkembang di Indonesia
a. Pop
Lagu lagu pop yang berkembang di Indonesia memiliki ciri yaitu penggunaan ritmik yang bebas dengan penggunaan alat musik yang sederhana. Lagu lagu pop mudah dicerna karena tema yang disajikan seputar kehidupan yang terjadi sehari hari.
b. Rock
Ciri dari musik rock adalah digunakannya alat musik yang dominan seperti gitar dan amplifier yang menghasilkan suara yang variatif dan menimbulkan suara yang keras.
c. Jazz
Musik jazz biasanya ditampilkan di tempat yang sering dikunjungi masyarakat menengah ke atas, misalnya kafe atau lounge. Dalam musik ini, lagu yang aslinya masih datar, kemudian diubah menjadi lebih ekspresif sesuai keinginan penyanyinya.
d. Dangdut
Masyarakat di daerah daerah sangat biasa mendengarkan musik dangdut sebagai salah satu kegemaran dalam mengekspresikan perasaannya. Penggunaan alat musik tambahan seperti kendang dan seruling dengan pola irama yang juga mudah dipahami.
2. Musisi, penyanyi dan hasil karya lagu modern di Indonesia
Ada beberapa musisi dan penyanyi yang rutin mengeluarkan album atau single lagu setiap tahunnya bahkan lebih cepat dari itu. Tetapi, ada juga yang jarang mengeluarkan album atau single. Para musisi atau penyanyi tersebut lebih banyak bergelut di belakang layar, misalnya sebagai produser atau pencipta lagu. Nama mereka kadangkala justru tidak lebih dikenal dibandingkan penyanyi atau musisi yang membawakan dan mempopulerkan lagu tersebut.

B. Lagu Unisono
Unisono merupakan kegiatan bernyanyi dengan menggunakan satu suara. Lagu unisono ini dapat disajikan secara kelompok.
Terdapat dua hal yang dapat dipelajari untuk dapat memberikan gambaran tentang ciri lagu unisono :
1. Melodi utama 
Melodi merupakan rangkaian nada nada yang telah dipilih untuk mewakili keinginan pencipta lagunya agar sesuai dengan tema dan makna lagu tersebut. Solminasi tangga nada terdiri dari 
Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do yang dalam tangga nada natural dituliskan sebagai berikut:

Solminasi tangga nada Do=C


2. Lirik 
Lirik dan melodi lagu harus berkaitan dengan tema dan suasana lagu yang ingin dibuat oleh penciptanya. Lirik lagu biasanya terdiri dari satu nada untuk satu suku kata, ada juga yang satu suku kata dituliskan di beberapa not.
Contoh penulisan lirik lagu pada melodi lagu
 C. Latihan Menggubah Lagu Modern secara Unisono
Dapat dilakukan dengan tahapan berikut :
1. Tema lagu (garis besar dari isi lagu)
Tema dapat disesuaikan dengan keinginan atau suasana hati kita agar lebih mudah mengembangkannya nanti ke dalam tahapan selanjutnya.
2. Menentukan birama (patokan dari irama lagu untuk tiap barnya)
Mulailah dengan birama 4/4, birama ini memiliki makna bahwa dalam setiap birama terdiri dari 4 ketuk dan 1 ketuknya not seperempat.
Dalam birama 4/4 nilai notnya sebagai berikut :
Bentuk dan nilai not pada birama 4/4
 Penulisan birama dan gambaran nilai notnya :
Contoh penulisan tanda birama dan gambaran nilai not di setiap barnya
 3. Membuat ritmik lagu (pondasi penempatan notasinya)
Bisa dilakukan dengan bertepuk tangan sesuai dengan irama yang diinginkan kemudian tuliskan dalam garis paranada sesuai nilai not yang digunakan.
Contoh penulisan ritmik sesuai dengan biramanya dalam 2 kalimat berbeda
 4. Melodi lagu
Dapat dimulai dengan memilih nada yang diinginkan sesuai dengan tema dan suasana yang diinginkan. Dapat dibantu dengan alat musik piano, pianika atau alat musik melodis lainnya. Untuk pencipta lagu pemula cukup menggunakan nada dasar natural yaitu Do=C.
Contoh penulisan melodi lagu
 

You Might Also Like

1 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images